Walikota Tanjungbalai Apresiasi Gebyar Perkusi Musik Islami dari komunitas BATIK

0
201

Indomitramedia.com -Tanjung balai

WaliKota Tanjungbalai Apresiasi Gebyar Perkusi Musik Islami “Barang Bekas dan Daur Ulang”  Oleh Komunitas BATIK .

Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial SH,MH didampingi Ketua TP-PKK dan sekaligus Ketua Komunitas Barisan Anti Sampah Plastik (BATIK) Tanjungbalai, Hj. Sri Silvisa Novita M Syahrial membuka Gebyar Perkusi Musik Islami Kota Tanjungbalai 2020 yang dilaksanakan di Halaman Rumah Dinas Wali Kota Tanjungbalai (Sabtu, 7/3/2020).

Gebyar Perkusi tersebut diadakan oleh Komunitas Barisan Anti Sampah Plastik (BATIK) Tanjungbalai. Kegiatan tersebut diikuti oleh 18 Grup peserta dari  kelompok perwakilan remaja Masjid/Mushollah serta Sekolah yang ada di Kota Tanjungbalai

Wali Kota H.M Syahrial sangat mengapresiasi Gebyar Perkusi Musik Islami yang diselenggarakan oleh Komunitas BATIK Tanjungbalai. Pasalnya, kegiatan ini sangat postif dikalangan anak muda atau kaum milineal yang berasal dari para siswa sekolah, remaja masjid/mushollah yang ada di Kota Tanjungbalai. Hal ini tentunya berkaitan langsung dengan penggalian nilai-nilai budaya tradisonal, natural dan agama yang dikemas dalam bentuk seni pertunjukan.

”Tentunya, ini merupakan kegiatan yang sangat positif. Ada kolaborasi dari berbagai unsur kesenian khususnya kesenian Islam,” kata Wali Kota H.M Syahrial.

Menurutnya, lomba seni budaya merupakan kesenian yang bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk menyampaikan pesan kebaikan. Oleh sebab itu, perlunya kelestarian seni dan budaya terus diselenggarakan dengan berbagai perlombaan.

Namun demikian, diharapkan melalui kegiatan perlombaan seni budaya islami ini dapat lahir duta-duta seni budaya daerah yang nantinya mampu mewakili Kota Tanjungbalai di tingkat Provinsi maupun Nasional yang didukung dengan kemampuan kreatifitas dan inovasi yang terbaik, tegasnya

“Selain itu, melalui lomba ini kita harapkan lewat kegiatan ini dapat memperkokoh seni budaya leluhur kita dari terpaan budaya budaya luar yang begitu pesat mempengaruhi generasi muda bangsa,” katanya.

Sementara itu Ketua Komunitas BATIK Tanjungbalai, Hj. Sri Silvisa Novita M Syahrial  mengungkapkan, Lomba Perkusi Musik Islami bertujuan memberikan ruang dalam memupuk silaturahmi dan menjadi wadah untuk menunjukkan bakat dan potensi kesenian Islam yang ada di Kota Tanjungbalai lewat para anak muda/milineal yang ada di Kota Tanjungbalai.

“Seperti yang Pak Wali tadi samapaikan, kegiatan lomba ini perlu digetok tularkan kepada generasi muda bangsa, sehingga kesenian budaya Islam di Indonesia dengan penuh inovasi berbagai syiar dakwah Islam tidak dapat memudar,” kata Sri Silvisa Novita M Syahrial

Awalnya, kami dari komunitas BATIK siapkan hadiah untuk 4 kelompok pemenang. Ternyata, Pak Wali sangat mendukung kegiatan ini, makanya jumlah pemenang jadi sepuluh. Terima kasih buat Pemko Tanjungbalai,” pungkas Ibu Vita

Lomba ini disaksikan langsung oleh Wali Kota Tanjungbalai, Ketua Komunitas BATIK, Para dewan Juri dan para pendukung peserta lomba. Penilaian terdiri dari penggunaan alat musik, sampah yang dibawah, irama musik yang dimainkan, penampilan peserta, kesiapan peserta, durasi musik, kekompakan tim dan pengucapan Shalawat dan lantunan ayat. Kepada para pemenang lomba, Panitia akan memberikan hadiah trophy dan uang pembinaan. Kegiatan tersebut juga diisi dengan lelang alat musik dan lucky draw.

(Syahruddin Rao).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here