KORNAS TRC PPA Indonesia Pusat Bunda NAUMI Percayakan Korda TRC PPA kabupaten Mesuji kepada Heri Purwanto. S.E

0
168

Indomitramedia.com

MESUJI –

Tim Reaksi Cepat Perlindungan Perempuan & Anak (TRC PPA) merupakan yayasan mandiri yang telah terbentuk di hampir 20 Provinsi di Indonesia.

Guna mencapai Visi – Misinya, dengan semangat tinggi, Koordinator Nasional (Kornas) TRC PPA Jeny Claudya Lumowa (Bunda Naumi) mengembangkan sayapnya hingga Kabupaten Mesuji, Lampung, 25/6/2020.

Kepada awak media, Bunda Naumi menyampaikan untuk Kab. Mesuji di percayakan kepada Heri Purwanto, SE sebagai Koordinator Daerah dengan harapan dapat mencapai target wilayah aman & ramah anak termasuk juga untuk para perempuannya.

Mengingat angka kejahatan terhadap anak yang dilakukan orang dewasa selama 2019 menurun dari tahun sebelumnya. Namun justru tindak kriminal yang dilakukan anak di bawah umur makin meningkat, terang Bunda.

Masalahnya jikalau anak itu di bawah 12 tahun, berdasarkan UU No. 11 Tahun 2012 tidak perlu dipidana, namun masyarakat sulit menerima itu, ujarnya.

Apalagi jenis tindak kriminal yang dilakukan anak bukan hanya kejahatan seksual, melainkan kejahatan pencurian, pembunuhan, dan narkoba.
“Tetapi, hal tersebut tetaplah tindak pidana,” ungkap Bunda.

Oleh karenanya, Kornas TRC PPA mendesak pemerintah agar segera membuat kebijakan tentang mekanisme nasional perlindungan anak. Bunda juga meminta pemerintah mensinergikan fungsi-fungsi dari semua sektor secara masif dan berkesinambungan.

“Harapannya pemerintah pusat maupun daerah dapat segera memprioritaskan dan memberlakukan sebuah kebijakan dalam menyelesaikan masalah-masalah anak”. Kami juga mendorong pemerintah daerah dan DPRD di masing-masing kota untuk segera menetapkan kota layak anak dan menginisiasi lahirnya perda perlindungan anak, tambah Bunda.

Lebih jauh, Bunda menyatakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan perlu membuat peraturan yang mewajibkan lingkungan sekolah menjadi lingkungan anti kekerasan terhadap anak.

“Aparat penegak hukum wajib selalu berpihak pada kepentingan terbaik anak dalam pemeriksaan dan penanganan permasalahan anak-anak yang berhadapan dengan hukum. Kami memohon kepada Kapolri untuk meningkatkan status unit pelayanan perempuan dan anak yang melekat di bawah kordinasi Kasat Reskrim, menjadi Kasat Perlindungan Perempuan dan Anak”.

Dengan demikian saya berharap koordinator daerah (Korda) Kab. Mesuji akan bekerja secara maksimal sesuai Visi dan Misi TRC PPA, utamanya dapat memutus mata rantai tindak kejahatan terhadap perempuan dan anak di bawah komando Heri Purwanto, pungkasnya.

(Gus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here