Kordinator Daerah Tim Reaksi Cepat Perlindungan Anak dan Perempuan Indonesia Kabupaten Mesuji (TRC PPA Indonesia Kab.Mesuji ) Resmi di Kukuhkan KORNAS TRC PPA Indonesia Pusat

0
439

Indomitramedia.com

MESUJI |

Korda TRC PPA Indonesia Mesuji, dibentuk dua hari yang lalu  Pada Sabtu 6/6/2020

Tim reaksi cepat perlindungan Perempuan dan Anak sebagai salah satu upaya memutus mata rantai “gengRAPE” atau gerombolan pemerkosa dan akhiri kekerasan terhadap anak di Indonesia.

Kordinator Daerah Tim Reaksi Cepat Perlindungan Anak dan Perempuan Indonesia Kabupaten Mesuji

Di lanjutkan Pada  Senin( 08/06/2020),

Hari ini, pembagian SK, bertempat di rumah makan “NJ” Simpang Pematang,

ketua Korda TRC PPA Indonesia Mesuji, Heri Purwanto SE dalam sambutan pembukaannya, Mengatakan Bahwa  Perlindungan Terhadap Perempuan dan Anak wajib di laksanakan.

“Ini merupakan satu sikap Korda TRC PPA Indonesia Kabupaten Mesuji, perlindungan Perempuan dan Anak menghadapi fenomena “gengRAPE” atau gerombolan pemerkosa yang sekarang ini sangat menakutkan,” kata Ketua Korda TRC PPA Indonesia Kabupaten Mesuji ini

Heri mengatakan, memutus mata rantai “geng RAPE” atau gerombolan pemerkosa dan akhiri kekerasan terhadap Perempuan dan Anak menjadi tema tujuan lahirnya Korda TRC PPA Indonesia Mesuji.

Dikatakan, kekerasan terhadaap Perempuan dan Anak khususnya kejahatan seksual menjadi satu peristiwa sangat menakutkan, karena pemerkosa itu melakukan tidak secara persoal tetapi sudah masuk pada kejahatan yang bergerombol. “Ini harus segera diantisipasi, jika tidak ‘gengRAPE’ yang sedang terjadi akan sulit diatasi, dan dicari solusi,” katanya.

Tim reaksi cepat (TRC) ini katanya, membangun gerakan perlindungan Perempuan dan anak  pada Semua lini, baik di tataran luas dengan cakupan lingkup wilayah kabupaten Mesuji atau  pada semua desa di 105 Desa  yang ada di 7 kecamatan”

“Berbasis  Perlindungan terhadap anak dan Perempuan dengan melibatkan peran serta masyarakat secara luas.

Peran serta masyarakat yang masif harus dibuat, begitu juga peran anak karena mereka bisa membangun dan memutus mata rantai itu dengan hak partisipasinya,” katanya.

Ia mengatakan, TRC merupakan salah satu bentuk tawaran yang diberikan Korda TRC Perempuan dan Anak dalam melakukan kerja-kerja prefentif dan edukatif, agar orang-orang saling memperhatikan Terkait Perlindungan Anak dan Perempuan.

Selain itu, Korda TRC Perempuan dan Anak juga mengingatkan bahwa untuk memutus mata rantai itu, fungsi keluarga harus dikembalikan mengingat selama ini sudah terjadi degradasi ketahan keluarga.

Karenanya, peristiwa kejahatan seksual terjadi karena ketahanan keluarga sudah menurun, dan nilai-nilai kemanusian, solidaritas dan agama dalam rumah juga runtuh. “Akibatnya, ketika ada suguhan pornografi dan sebagainya menjadi pemicu terjadinya kejahatan seksual,” katanya.

Dengan demikian, fenomena gerombolan pemerkosa yang dilakukan anak-anak dan orang dewasa sedang menjadi fenomena yang perlu diwaspadai. “Untuk itulah, “gengRAPE” tersebut harus ditiadakan salah satunya melalui pembentukan TRC perlindungan anak,” katanya.

Acara di akhiri dengan Penyerahan  dan Pembagian SK struktural kepengurusan Korda TRC PPA Mesuji dari KORNAS TRC PPA Indonesia Pusat.

Dalam Petikan SK tersebut yang di Terima Awak Media dalam Jajaran Korda TRC PPA Indonesia Kabupaten Mesuji Yakni ,

Heri Purwanto SE, sebagai Ketua

Misran S.Pdi, sebagai Sekertaris

Nurjanah, sebagai Bendahara

Kapolres Mesuji AKBP Alim SH,Sik

sebagai Pelindung

Sekda kabupaten Mesuji Samsudin S.sos,

dan Ketua DPRD Mesuji Hj.Elfianah sebagai Pembina.

Dan jajaran Wakil wakil ketua,wakil wakil sekretaris,wakil bendahara, Beberapa bidang Seperti tim Advokasi,tim Conseling traumatik,Tim Humas,tim sosialisasi,tim Publikasi,tim penguatan kelembagaan,tim Hukum,tim pemberdayaan anak,tim pemberdayaan peran perempuan.yang kesemuanya di isi SDM yang kompetensi dan Ahli di bidang nya.

Acara di tutup selesai  setelah dilakukannya photo bersama kepengurusan Korda TRC PPA Indonesia  Kabupaten Mesuji.

 

( Redaksi IMM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here