Kepala Desa se Kabupaten Mesuji Ikuti Bimtek Pengawasan Hukum dan Produk Hukum

0
123

Indomitramedia.com

Bandar Lampung |

Seluruh Kepala Desa (Kades) dan sekertaris desa (SekDes) se-Kabupaten Mesuji mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawasan Hukum dan Produk Hukum Desa.yang di selenggarakan di Hotel Bukti Randu Bandar Lampung mulai hari Senin 02-04 november-2020.

Dengan mengusung “Tema” Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahanan Desa,yang transparan, Akuntabel, Partisipatif dan demokratis.

Sebagai Narasumber yakni Roni Abu Hasan, yang ditunjuk sebagai narasumber untuk memapaparkan sudut pandang di balai pemerintahan Desa provinsi Lampung. Tentang (APBDes) yang terdiri dari pendapatan desa (Pades), transfer dan pendapatan dan Lain-lain.mengingat dilapangan
sering terjadi oknum tersandung masalah hukum dalam hal penarikan atau transfer.

“Di dalam pemerintahan desa (Pemdes) yang berkewenangan membagi bagi tugas kinerja itu yakni kepala desanya, sesuai dengan struktur perangkat desa masing-masing ada bagian bawahan, sesuai dengan tupoksinya masing masing.”ujarnya.

“Ia menjelaskan, sebagai Contoh kecil, kaur Kepemerintahan, dab kaur pembangunan itu seharusnya pelaporannya harus sesuai dengan RKPDes kalo tidak sesuai itu yang akan pemicu permasalah maka tahun
2021 ini akan kita perbaiki,” jelasnya.

Terpisah ketua (Abdesi) Yusuf Arrasulli Shr. mengatakan, dengan diadakannya bimbingan Teknis (BIMTEK) ini supaya semua tau,mengerti dan paham terkait Laporan kegiatan Desa.

“Melihat sejauh ini kita lihat diberita berita yang beredar dimedsos, kepala desa yang rentan tersandung hukum, nah klo bisa mesuji tidak ada lagi untuk kedepannya,” katanya.

“Ada sebelas Desa yang tidak hadir Bimtek hari ini, dikarenakan tidak masuk anggaran (RAPBDes) kecuali desa Sidang iso mukti dan Desa sidang gunung tiga.Saya berharap semoga kegiatan Bimtek ini dapat bermanfaat untuk kita semua khususnya kepala dan perangkat desa yang ada dikabuten mesuji,” tutupnya.

(Heri / MOI Mesuji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here