Kapolres Mesuji AKBP Alim SH Kukuhkan DAI Kamtibmas Polres Mesuji

0
64

Indomitramedia.com

MESUJI | Pada hari Rabu tanggal 27 Januari 2021 pukul 10:00 Wib telah dilaksanakan kegiatan Pengukuhan DA’I Kamtibmas Polres Mesuji bertempat di Aula Tri Brata Endra Dharma Laksana Polres Mesuji.

Hadir dalam kegiatan ini, Kapolres Mesuji AKBP Alim, SH. S.IK, Ka kemenag Kabupaten Mesuji H. Darul Alipi, Ketua MUI Kh. Chusni Fadil, Kasat Binmas Iptu Sarijo, KBO Binmas Ipda Tata S, Ketua NU Kh. Abdul Karim, Ketua LDII H. Suparyo, Pokdar Kamtibmas Sony, Sopan (Pokdar Kamtibmas), Ketua MUI Kecamatan se-Kabupaten Mesuji dan para Bhabinkamtibmas Polres Mesuji.

Acara diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan Skep Pengukuhan Pengurus DA’I Kamtibmas Polres Mesuji dan penyerahan Skep DA’I Kamtibmas oleh Kapolres Mesuji.

H. Darul Alipi selaku Ka Kemenag mengatakan, pada dasarnya kantor Kemenag adalah suatu wadah untuk semua agama, untuk mengayomi dan melayani smua kepentingan yang berurusan dengan agama, dengan demikian di bentuk lah wadah from persatuan agama, kata Darul Alipi.

“Dengan adanya DA’I kamtibmas ini, kami mendukung program ini dan perlu disampaikan juga bahwa kami di Masing-masing Kecamatan sudah kami siapkan penyuluh Agama sebanyak 60 orang. Tentunya saya berharap nantinya para DA’I yang sudah dilantik dapat bersinergi untuk bersama mensukseskan program pemerintah untuk menciptakan harmonisasi keneragaman beragama di wilayah kita,” harapnya.

Ketua MUI Kabupaten Mesuji Chusni Fadil menjelaskan, “dalam pengukuhan DA’I Kamtibmas ini, saya sebagai Ketua MUI yang memonitor kegiatan ini serta mendukung kegiatan ini. Berkaitan dengan DA’I Kamtibmas ini yang di atur dalam undang-undang kamtibmas yang berseninggungan dengan Al-Qur’an, yang mana intinya Sama-sama untuk berbuat kebaikan dan mengajarkan kebaikan, kata Ketua MUI.

Lanjut Fadil, tugas DA’I Kamtibmas yaitu mengajarkan sesuatu yang baik, halal dan benar di hadapan allah, mengajak serta memberitahu kepada masyarakat dengan Kata-kata yang baik dan tidak kasar serta tidak mengolok-olok dan tidak mencela RAS. Selain itu tugas kita juga untuk mendamaikan sesama masyarakat yang ada masalah dengan cara musyawarah, memberikan nasehat kepada smua masyarakat dan memberikan doa supaya masyarakat yang melenceng dari ajaran agama kembali kejalan yang benar, ulas Fadil.

Kapolres Mesuji AKBP Alim mengatakan, pengukuhan DA’I Kamtibmas yang tersebar di 7 Kecamatan yang tersebar di 105 Desa, kegiatan ini saling bekerjasama serta bersinergi untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif. Program DA’I Kamtibmas ini sangat relevan dan bergabung di dalam Polmas yang ada di Peraturan Kapolri, pungkas Kapolres Mesuji.

Polri tidak bisa bekerja sendri tanpa adanya dukungan dari msayarakat bahkan dari elemen serta para tokoh agama, dengan bertambah nya perkembangan yang sudah modern saat ini berdampak negatif dan positif bagi masyarakat, ujar AKBP Alim.

Terima kasih kepada Kasat Binmas yang langsung merespon bahkan melaksanakan kegiatan ini untuk bersama-sama menjaga kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Mesuji. DA’I Kamtibmas ini sebagai gardan terdepan Kepolisian untuk menyampaikan Dakwah-dakwah kebaikan dan bukan untuk memprovokasi sehingga tidak adanya umat islam yang terpecah belah dengan konsep toleransi antar umat beragama, saya ucapkan terima kasih , Mudah-mudahan apa yang kita tuju dengan niat yang baik dapat terlaksana, harapnya Kapolres Mesuji.(HR.P)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here