Falsafah Hidup”OJO”

0
636

Indomitramedia.com

OJO DUMEH
(Jangan Mentang-mentang. Mentang-mentang Kaya, Mentang-mentang Berkuasa, Mentang-mentang Sukses, Mentang-mentang Berilmu dsb. Toh Roda Kehidupan Akan Berputar. Tidak Tahu Kapan Di Atas? Kapan Di Bawah?)

OJO LADAK
(Jangan Semena-mena Melalui Perkataan. Semena-mena Menghina Sesama Manusia, Semena-mena Menyalahkan Alam Dengan Kata-kata Yang Buruk, Semena-mena Berkata Kasar Pada Hewan, Semena-mena Mengolok-olok Makhluk Astral Yang Tidak Bersalah. Karena Semena-mena Termasuk Perilaku Tak Beradab. Ingat, Ladak Itu Salah Satu Cermin Dari Kepribadian Yang Angkuh)

OJO SEMUCI
(Jangan Merasa Paling Suci. Bukankah Manusia Tempatnya Salah Dan Lalai. Manusia Tidak Selamanya Benar. Manusia Tidak Selamanya Baik. Ingat, Di Atas Langit Ada Langit!)

OJO JUWEH
(Jangan Suka Mencibir Kekurangan Orang Lain. Karena Tidak Ada Manusia Yang Sempurna. Yang Sempurna Hanya Gusti ALLAH. Lebih Baik Instrospeksi Diri Dan Belajar Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik)

OJO KUMALUNGKUNG
(Jangan Merasa Paling Hebat Sehingga Sombong. Apa Yang Perlu Disombongkan?! Derajat, Pangkat, Harta, Ilmu Dan Kekuasaan Yang Dimiliki Oleh Manusia Susungguhnya Hanya Titipan. Rendah Hatilah Dan Bijak Dalam Menerima Berbagai Kelebihan Yang Diberikan Oleh Gusti ALLAH)

OJO DRENGKI SREI
(Jangan Berwatak Iri Dengki. Karena Iri Dengki Menjadi Sumber Munculnya Kebencian, Munculnya Fitnah Keji, Munculnya Dendam Kesumat, Munculnya Prahara Permusuhan Yang Tak Berkesudahan. Akui Saja Kelebihan Orang Lain Tanpa Perlu Merendahkan Diri)

OJO CRIGIS
(Jangan Banyak Bicara Apalagi Tidak Bermutu?! Ibarat Pepatah, Mulutmu Adalah Harimau. Jika Tidak Pandai Mengendalikan Perkataan, Justru Kata-kata Itu Cepat Atau Lambat Akan Menerkam Dirimu Sendiri. Katakan Yang Baik Dan Benar. Jika Tidak Sanggup, Lebih Baik Diam!)

OJO LAMIS
(Jangan Bersilat Lidah. Contohnya Di Depan Memuji, Di Belakang Mencaci Maki. Contohnya Lagi, Hati Mengaku Salah Namun Mulut Menutupinya Agar Dinilai Benar, Sehingga Tidak Terlihat Berbuat Kesalahan. Bersilat Lidah Adalah Salah Satu Sifat Munafik. Berhati-hatilah, Gusti ALLAH Maha Tahu. Kamu Bisa Saja Menutupi Sesuatu Dihadapan Manusia, Namun Tuhan Menyaksikan Segalanya)

OJO WATON
(Jangan Asal-asalan. Manusia Jangan Asal-asalan Hidup, Karena Kalo Sekedar Hidup, Tumbuh-tumbuhan Dan Hewan Juga Diberi Kehidupan. Hendaknya Manusia Harus Punya Visi dan Misi Hidup.

Pun Demikian, Manusia Jangan Asal-asalan Berbicara Melebihi Batas Kemampuannya. Manusia Jangan Asal-asalan Berpendapat Melebihi Batas Keilmuannya. Sak Madyo Saja, Maksudnya Sebelum Berbuat, Terlebih Dahulu Ukur Dirimu Sendiri)

Pak Jokowi bukan hanya seorang yang cinta negeri dan Pancasila tentunya.

Dia juga pencinta alam Indonesia yang kaya ragam ini.

Bermanfaat. Urip Kudu Tansah Eling Lan Waspodo.

 

KOWE KABEH SEDULURKU

(Rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here