Bupati Mesuji Saply TH” Penting nya Rakordes sebagai wujud sinergi Pemkab dan desa”

0
60

Indomitramedia.com

Mesuji|

 

Melalui kegiatan Rakordes  Bupati Mesuji, Saply  TH berharap akan bisa mengevaluasi pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun sebelumnya sebagai langkah persiapan pelaksanaan APBDes Tahun 2021.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Saply di hadapan 105 Kepala Desa dalam agenda Rakordes yang digelar di Balai Desa Brabasan pada Kamis (21/8/20).dikutip dr deteksi.com

Saply mengatakan, pelaksanaan kegiatan di tahun 2020 banyak dihadapkan pada penanggulangan pandemi Covid-19 dan itu terjadi di seluruh wilayah. Karenanya, refocusing anggaran menjadi pilihan yang tak dapat dihindari.

“Hal ini terlihat dengan besarnya
pengalokasian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa pada masyarakat yang terdampak,” papar Saply.

Namun meski demikian, Bupati mengatakan kondisi ini tidak sampai mengikis kegiatan pemerintahan, pembangunan, pembinaan
kemasyarakatan dan pemberdayaan.

Untuk tahun 2021, sesuai arahan Menteri Desa PDTT, tiga prioritas utama harus ditekankan sebagai fokus kegiatan di Tahun Anggaran.

“Pertama, pemulihan ekonomi nasional terkait pembentukan, pengembangan, dan revitalisasi BUMDes serta pengembangan usaha ekonomi produktif,” urai Saply.

Yang kedua, lanjut Saply, terkait pendataan, pemetaan potensi dan sumber daya, pengembangan teknologi informasi dan komunikasi serta pengembangan Desa Wisata.

“Sedangkan fokus ketiga berkait erat dengan kondisi pandemi dan adaptasi kebiasaan baru,” lanjut Bupati Saply.

Penetapan ketiga fokus tersebut, lanjut Saply, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 59 tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan dan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 13 tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2021.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten I Indra Kusuma Wijaya, Kepala Dinas (Kadis) PMPD Sunardi, SE, para Camat dan Tenaga Ahli P3MD serta perwakilan BPJS, Bank BRI dan Bank BNI.**

( Warsono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here